Rabu, 27 April 2011

HEAD-TO-HEAD El Clasico: Real Madrid (Masih) Pegang Kendali

Selama dua musim terakhir, Barcelona sukses merajai El Clasico dengan melakukan sapu bersih atas Real Madrid di Santiago Bernabeu maupun Camp Nou. Kali ini dengan kehadiran Jose Mourinho sebagai pelatih Los Blancos, dan berkaca pada dua hasil terakhir El Clasico, peluang skuad besutan Pep Guardiola untuk mengulang catatan clean sweep tersebut mulai dipertanyakan.

Tujuh Pertemuan Terakhir
21/04/2011: Real Madrid 1-0 Barcelona
17/04/2011: Real Madrid 1-1 Barcelona
29/11/2010: Barcelona 5-0 Real Madrid
11/04/2010: Real Madrid 0-2 Barcelona
30/11/2009: Barcelona 1-0 Real Madrid
03/05/2009: Real Madrid 2-6 Barcelona
14/12/2008: Barcelona 2-0 Real Madrid


Telah diketahui, tidak semua El Clasico berlangsung ketat dengan selisih skor tipis. Contohnya pada akhir musim 2008/09, Barcelona pulang dengan kepala tegak. Mereka membombardir gawang Iker Casillas sehingga Real Madrid harus rela kebobolan setengah lusin gol di hadapan publik sendiri.

Sebelumnya, pada 19 November 2005, Madrid juga dipermalukan Barca dengan tiga gol tanpa balas. Madrid boleh unggul secara head-to-head, namun perlahan Barcelona menyusul.

Dan siapa yang dapat melupakan pertemuan terakhir kedua tim? Debut El Clasico berakhir menyakitkan buat "The Special One" ketika timnya dipecundangi Blaugrana di Camp Nou lima gol tanpa balas.

Tapi Real Madrid bangkit dalam dua pertemuan terakhir. Di Bernabeu pada 17 April, Real Madrid bisa menahan imbang Barcelona 1-1. Penalti Lionel Messi bisa dibalas dengan penalti Cristiano Ronaldo. Sementara di Mestalla, Real Madrid meraih kemenangan pada laga final Copa Del Rey. Ronaldo yang menjadi penentu sukses Real Madrid menundukkan Barcelona dengan skor tipis 1-0 dengan sundulannya.

Dalam urusan mencetak gol, Real Madrid juga masih unggul atas Barcelona. Sebanyak 264 gol dicetak Real Madrid ke gawang Barcelona. Sebaliknya, Barcelona membobol gawang Madrid 251 kali.

El Clasico kali ini menjadi menarik karena kedua tim sedang dalam performa puncak dan dipastikan kembali bertemu di semi-final Liga Champions 2010/11. Kedua tim bahkan menunjukkan performa berimbang. Mengacu pada dua pertandingan terakhir masing-masing tim, Barca tak lagi tampil dominan dengan Real Madrid bisa sekali menahan seri dan sekali menang.

Kedua tim tidak bisa menurunkan skuad terbaik mereka karena masalah cedera dan akumulasi kartu kuning, namun duel El Clasico pada Kamis (28/4) dinihari WIB di leg pertama semi-final Liga Champions diyakini akan tetap berjalan menarik dan hasilnya akan sulit ditebak. Real Madrid berpeluang untuk menang karena bertanding di hadapan pendukungnya sendiri dan meraih keuntungan untuk leg kedua.
 

Inilah rangkuman head-to-head El Clasico di Liga Champions:
Head-To-Head KeseluruhanKemenangan Real Madrid 86
Kemenangan FC Barcelona 82
Imbang 43
Total Pertandingan 211


Head-To-Head Piala Eropa / Liga ChampionsKemenangan Real Madrid 3
Kemenangan FC Barcelona 1
Imbang 2
Total Pertandingan 6



Messi vs Ronaldo 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar