Rabu, 27 April 2011

SPESIAL El Clasico: Kilas Balik Semi-Final Liga Champions 2002

Satu dari dua laga semi-final Liga Champions musim ini mempertemukan dua raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. Satu laga lain tersaji antara Manchester United dan Schalke 04.

Laga El Clasico di semi-final pun memiliki daya tarik tersendiri. Tak hanya karena rivalitas kedua tim yang bertanding, tapi juga banyak hal yang dipertaruhkan.

Tapi laga semi-final antara Real Madrid dan Barcelona di Liga Champions bukan kali pertama terjadi dalam sejarah sepakbola Eropa. Kedua tim pernah bersua di tahun 2002, di mana pada waktu itu media gencar memberitakan ketegangan antara Amerika Serikat dan Irak, juga skandal Enron, bahkan ketika dunia belum mengenal yang namanya Facebook dan Twitter.

Gegap gempita dan kemeriahan El Clasico di tahun 2002 tidak seperti tahun ini memang, tapi tetap menjadi laga yang menarik.

Tak seperti musim ini, leg pertama semi-final Liga Champions 2002 dilangsungkan di Camp Nou. Kondisi tim kurang lebih sama seperti musim ini, sejumlah pemain andalan absen karena cedera juga sanksi, seperti Luis Figo di kubu Real Madrid dan Rivaldo di pihak Barcelona.


Jalannya pertandingan di paruh pertama lebih menjadi milik tuan rumah. Namun hingga turun minum, skor tetap bertahan 0-0.

Baru di babak kedua gol tercipta. Bukan untuk tuan rumah, tapi Real Madrid lewat tendangan chip Zinedine Zidane di menit 55. Raul Gonzalez akhirnya memastikan kemenangan Real Madrid 2-0 di laga ini dengan tendangannya di menit-menit akhir laga.Di leg kedua, Barcelona masih kehilangan Rivaldo, tapi bisa memasukkan Xavi Hernandez dan Carles Puyol ke tim. Sementara Real Madrid sudah bisa diperkuat Luis Figo.

Real Madrid pun langsung menyerang sejak menit pertama dan hasilnya di menit 43, fans mereka di Santiago Bernabeu bisa bersorak lewat gol Raul.

Barcelona bisa mencuri satu gol ketiga babak kedua baru berjalan empat menit lewat gol bunuh diri Ivan Helguera. Tapi tidak ada dua gol tambahan tercipta dari kubu Barcelona, dan demikian dengan kubu Real Madrid.

Alhasil, Real Madrid pun lolos ke final dengan keunggulan 3-1. Di partai puncak Real Madrid menghadapi Bayer Leverkusen dan meraih kemenangan 2-1. Gelar juara Liga Champions 2002 pun menjadi milik Real Madrid.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar